Peresmian Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Logam Kabupaten Dharmasraya

Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam Kabupaten Dharmasraya yang berlokasi di Nagari Gunung Medan, diresmikan Menteri Perindustrian RI, Kamis (06/08/20). Peresmian dilakukan secara virtual menggunakan Video Conference dan kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan prasasti oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Suksesnya acara peresmian tersebut tak luput dari kerja keras panitia yaitu para pegawai yang bekerja di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Kumperdag) Kabupaten Dharmasraya yang mempersiapkan acara tersebut dengan matang dan protokol kesehatan juga sangat di perhatikan. Walaupun dalam keadaan Pandemi COVID-19, hal itu tidak menyurutkan semangat serta antusias dari tamu undangan untuk menghadiri acara tersebut. Sentra IKM Logam di Kabupaten Dharmasraya ini merupakan satu-satunya Sentra IKM Logam yang berada di wilayah Sumatera dan dalam proses pembangunan proyek tersebut dana yang di alokasikan Pemerintah khususnya Kementrian Perindustrian.

Secara geografis Kabupaten Dharmasraya berada di Jalur Lintas Tengah Sumatera, cukup strategis untuk pengembangan industri kecil menengah serta perdagangan, yang ditunjang dengan sarana transportasi darat yang lancar, hal ini yang menyebabkan lokasi Sentra IKM Logam berada di kabupaten Dharmasraya.

Di samping itu, Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu daerah yang memanfaatkan kemajuan teknologi di bidang pertanian, baik untuk pada saat panen maupun setelah panen, dan dengan seringnya penggunaan berbagai macam teknologi pertanian tersebut tentu membutuhkan berbagai macam perawatan dan perbaikan. Dengan berdirinya Sentra IKM Logam dapat mengatasi berbagai macam keluh kesah para petani dalam hal mendapatkan suku cadang dan melakukan perbaikan yang sebelumnya mereka harus memesannya dari luar daerah dan juga memerlukan waktu serta biaya yang banyak.

Pemerintah tentu mengharapkan bahwa dengan adanya Sentra IKM Logam di Kapubaten Dharmasraya ini dapat meningkatkan perkembangan ekonomi bagi seluruh masyarakat dan juga dapat meningkatkan kualitas serta kreatifitas para pelaku pengrajin logam baik dari segi produksi maupun pemasarannya dan tentu kehadiran Sentra IKM Logam ini juga berdampak mengurangi pengangguran yang ada.

Share Berita

Komentar Berita